Rabu, 18 Mei 2011

Beban Dinamis (Dinamika Struktur)

Beban Dinamis (Dinamika Struktur)

Posted: November 19, 2009 by Rahmat Riski in Engineering Science
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
Dinamis dapat diartikan “Bervariasi” terhadap waktu dalam konteks gaya yang bekerja (eksitasi) pada struktur. Variasi beban dinamis dapat berupa besarannya (magnitude), arahnya (direction) dan atau titik pangkatnya (point of aplication), Respon struktur tersebut, bekerja pada defleksi & tegangan yang bervariasi pula terhadap waktu (sama dengan respon dinamis), baik respon dinamis maupun respon statis (akibat respon statis).
Selain Kekakuan (stiffness) respon dinamis sangat dipengaruhi pula oleh  massa dan redaman struktur. Inilah yang membedakan antara masalah dalam analisa dinamis dan statis. Selain memang sifat pembebanan yang berbeda, percepatan yang timbul dalam beban dinamis memiliki peran yang amat penting dalam analisa dinamis.

Beban Statis


Beban Dinamis
Gambar diatas menunjukkan sebuah batang cantilever dengan 2 jenis pembebanan berbeda yaitu beban statis dan dinamis.
- Dalam beban statis, responnya dipengaruhi oleh P
- Dalam beban dinamis, responnya dipengaruhi oleh P dan gaya Inertia
Defleksi dan tegangan internal yang timbul dalam kasus beban statis hanya ditimbulkan langsung oleh beban P, dalam kasus beban dinamis akselerasi yang dialami oleh batang akibat p(t) menimbulkan gaya inertia yang terdistribusi pada seluruh bagian batang. Selain akibat p(t) tadi, defleksi dan tegangan pada batang sangat dipengaruhi pula oleh gaya inertia yang ditimbulkan oleh massa batang ketika mengalami akselerasi. Jika pengaruh gaya inersia tersebut sangat signifikan, maka perlu analisa dinamis.
Beban Dinamis dibagi dalam 3 kategori :
  1. Periodik (berulang)
  2. Kejut (Impuls)
  3. Acak (Random)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar